Kamis, 27 September 2012

Tips Dasar SEO For Blogspot

Sesuai dengan tahapan pembelajaran kita pada postingan sebelumnya tentang Penerapan Hasil Riset Keyword yang berkaitan dengan pembuatan blog menggunakan platform blogspot dari hasil riset keyword, maka kali ini kita akan sedikit melangkah lebih maju lagi dengan belajar dasar-dasar SEO for blogspot.
Sampai pada tahapan ini kita sudah memiliki sebuah blog gratis di blogspot. Blog kosong ini pasti perlu untuk dilakukan penyetingan bukan. Untuk itu, berikut ini ada sedikit tips yang perlu dilakukan agar blog kita lebih SEO friendly:
Menuju TKP di Setelan – Dasar
Isilah judul blog dan tulis deskripsi singkat tentang blog anda. Seperti biasa, pada kedua bagian ini usahakan untuk memasukkan kata kunci di dalamnya. Untuk deskripsi, tulislah maksimal 40-60 karakter. Hal ini dilakukan mengingat google hanya menampilkan maksimal 65 karakter dalam SERP-nya, dan yahoo sekitar 115 karakter dengan spasi dan tanda baca.
Janganlah untuk terlalu sering mengubah judul dan deskripsi blog kita. Ini akan mengakibatkan spider/ robot yang mengcrawl isi blog kita bingung. Kalau sudah begini maka posisi blog kita di search engine akan melorot jauh dari yang di harapkan. Khusus masalah ini, saya sendiri perah merasakannya terutama untuk blog saya yang sedang agan baca.
Yang terkahir pada tab ini, untuk opsi “pembaca blog” pilih saja siapapun.
Menuju TKP di Setelan – Pos & Komentar
Pada bagian ini, lakukanlah pegaturan yang sesuai dengan keinginan agan. Kalau saya pribadi mengaturnya seperti ini. Untuk halaman utama adalah recent post dengan isi 5 – 7 artikel di home page. Lokasi komentar ada di akhir postingan. Yang bisa berkomentar: siapa saja. Moderasi: tidak pernah. Dan tampilkan verifikasi kata: Ya.
Penting untuk diingat, janganlah membuat kotak komentar di pop up window karena membatasi spider untuk mengcrawl isi dari bagian itu.
Menuju TKP di Setelan – Preferensi Penelusuran
Sejujurnya ha baru dalam perkembangan SEO for blogspot terletak di bagian ini. Karena pada bagian inilah salah satu kunci penting dari kesuksesan sebuah blog blogspot.
Bagian “Tag Meta” isi saja sesuai dengan deskripsi blog yang tadi sudah dijelaskan.
Bagian “Robot Txt” pilih diaktifkan dan isi dengan kode di bawah ini:
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Sitemap: http://alamatblog.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated
Bagian “Tag Header” pilih aktifkan dan buat seperti gambar di bawah ini:
Tips Dasar SEO For Blogspot
Itu aja gan kali ini tentang Tips Dasar SEO For Blogspot. Kalau ada yang keliru mohon untuk meninggalkan tanggapan agar sobat n sobit yang lain ga ikutan keliru.
Semoga bermanfaat.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar